tradisi nge-teh di turki

seperti yg udah gw singgung sebeljmnya kalo turki itu konsumsi teh terbanyak di dunia berdasarkan data ala ala haha😀
nahh ini yg agak bikin gw kaget juga pas baru dtg ke turki. kenapa mereka selalu HARUS minum teh pagi dan malem?
nah usut punya usut itu katanya udh budaya dr jaman ottoman *ini kata suami gw yg sok tau tp kayanya bener* jd udh mendarah daging bgt ngecay (ngeteh)
setiap pagi sarapan harus bikin teh, nah malem abis magrib bikin teh lg. nah, gak tanggung2 minumnya nambah lagi nambah lagi gak cukup segelas *berasa minum soju di korea ehehehe :D* yaa gelasnya khas sih kecil gitu. kayanya gelasnya udh icon turki bgt

image

ini yg gw agak khawatir diabetes, blm kalo bertamu ke rumah orang ngeteh, kalo makan di resto2 ngeteh, di kafe nongkrong pun minumnya teh panas atau engga ya kopi.
gw kadang kalo lg males ngebikin teh suka ngehasut suami gw supaya ga minum teh sehariii aja, tp selalu gagal katanya dia ga bisa, duhhh.. dia bilang “teh itu bensinnya orang turki” -,-
nah bikin tehnya juga ga simple tinggal seduh di gelas make dispenser kaya di indonesia tapiii make çay danlık (teko teh) yg spesial ala turki 2 tingkat *kaya bis*
jadi di atas itu kita taro bubuk twhnya dan air dan di teko bawah itu air putih nya. nah, kalo mau nuang ke gelas bisa diatur mau pekat ya banyakin air teh bagian atasnya. ini dia contoh teko tehnyaa..

image

hohh apalagi klo di rumah mertua banyak orang itu cay danlık harus ukuran gede dan nuangnya ampe bikin tangan gemeter hahaha😀 itu gw gakuat nuang teko gede penuh isi teh . blom satu orang minta refill mulu😀
kalo rasa teh turki kaya apa? sama aja kaya teh indo gw bilang mah cm teh indo kata gw lebih enak ada harum harum melatinya ehehe
soo , ayo ngeteh ke turkiii~~ *kejauhan ye ngeteh aja di turki :P*

Nikah ala Turki

akhirnyaa~~ aku kembaliiii!! setelah berjuang lupa password hehe duh ini blog udah debuan kayanya udah lamaa bgt ga update..
nah karenaternyata banyak menginspirasi para distancer khususnya yg punya hubungan sama cowo turki ihiiiyy gw kembali lg dengan ccerita2 hidup di negri orang huhuhu. Bahkan ini hari 17an agustus gw hanya di depan leptop T.T..
nah.. kali ini mau ceritain ttg gimana kmaren gw nikah di turki, ini sebenernya janji gw udh lama bgt mau cerita, dari tahun kemaren blm kesampean buat cerita.. akhirnya ini gw persembahan edisi spesial nikah ala turki..here we go!

Jadi, keluarga di turki menggelar acara pernikahan kita itu selama 3 hari berturut-turut. ini sih gak semua keluarga turki 3 hari ada juga yg 2 hari atau sehari. nah mungkin tergantung daerah di turki jg, beda daerah beda pula adatnya.. sama aja kaya di indonesia macem-macem adat. Nah kalo suami gw kebetulan asalnya dari corum. turki tengah atau middle anatolia. pernikahan kita di gelar di rumahnya suami, tapi banyak juga jaman sekarang yg nikah di dugun salonu atau gedung *macem di indo* tapi karna rumah keluarga suami luas halamannya dan mengirit biaya so di rumah deh hehe..

Hari ke-1 (Jum’at, 25 April 2014)
hari pertama ini gw make baju long dress biasa. acara dimulai dari abis shalat jumat sampe malem banget tengah malem *catet* ngapain aja? ya joget-joget sampe pegel hahahaha😀 dari awal duduk di meja foto2 terus langsung musik berputar dannn yap joget2 dimulai entah berkelompok atau sendiri-sendiri. salut deh sama orang turki ga pegel sampe malem.
tamu-tamu terus berdatengan duduk nonton atau joget itu pilihan hehe. oiya ada juga makan-makannya tapi awal awal sebelum joget biar ga laper hahaha😀 *duh ya allah gw bukan mau ketawain yaa hehe* makananannya lupa yg jelas ada nasi, corba (soup) dan roti😀
sampai jam 11 malem baru selesai. mana gw blom bisa bahasa turki cm senyum2 aja sama tamu hehe. oiya hari jumat ini juga si pengantin cowo alias suami gw di-kina-in (kina=hyena). maksudnya?? huaa gmn ceritainnya yaa?? jadi penganin cowo duduk dikelilingin orang-orang. pas duduk tanggannya dikasih kina sama emas *kuranglebih seperti itu*
IMG_20140427_223711

Hari ke-2 (Sabtu, 26 April 2014)
nahhh hari kedua ini puncak banyak banyaknya tamu. soalnya full dari pagi sampe tengah malem jogetnya ehehe. dari pagi gw udh disuruh siap-siap di make up sama pake baju model gaun gitu cuma bukan putih tp krem. ehehe, jujur gw juga suka baju ini kalo nama turkinya abiye. pokoknya sama kaya hari sebelumnya acara makan-makan di awal sama joget-joget sampai akhir malam. oiyaa..disini emng minim makanan kondangan turki mah, gak kaya di indo makanan melimpah hahaha.. tapiii kalo di turki teh melimpah, jadi bisa minta teh kapan aja berapa aja. as you know yah turki negara yg paling byk konsumsi teh *berdasarkan data ala ala😀 *
nah kalo kemaren itu pengantin cowonya yg di-kinain sekarang pengantin cewenya alias gw!! abis dikina-in trus kita dansa deh~
banyak tamu yg nyuruh gw joget, tapi karena gw ga ngerti joget turki2an jd ya cm senyum aja bilang engga2 haha dan lagi baju segede itu susah buat joget. ekekeke~
IMG-20140427-WA0050

Hari ke-3 (Minggu, 27 April 2014)
nahh, ini hari terakhir.. cuma setengah hari alias dari pagi sampe jam 1an siang doang. pake bajunya gaun putih kaya as usual wedding dress. nahhh kalo kata gw hari minggu ini yg agak unik dan paling gw suka, sayang cuma sebentar yaaa..jadi hari terakhir ga ada sesi joget-joget kaya 2 hari sebelumnya *pantes gw demen* bukan karna ga ada joget2 juga sih, menurut gw uniknya semacam kaya adatnya itu di hari ketiga ini.
dimulai dari pagi gw ke salon dirias abis itu langsung dibawa ke tempat sodara nya ahmet. nah, abis itu si ahmet jemput naik mobil sambil bawa rombongan ke rumah yg gw singgahi.
pas nyampe nyamperin gw, ibunya ahmet ngiket tali merah di pinggang gw (tanda kalo perawan) hahaha terus akhirnya diajak masuk mobil sambil keliling kampung sambil nyawer duit. dan lucunya abang-abang tukang terompet dan gendangnya juga ikutan di mobil belakang sambil main jd tetep berisik ahahaha. nah sukanya itu anak kecil pd jegat mobil kita minta duit. lucu yaa~ sambil muter-muter tiba2 singgah di pom bensin, rombongan pada turun dr mobil dan mereka berjoget sebentar *bener2 harus joget* sekitar 30menitan dan akhirnya kembali menuju rumah ahmet.
sampe di rumah gw ga turun dr mobil, nah seorang pria menebar duit dan koin2 emas di atas kain yg ditaro di atas kap mobil sambil nyebutin ini uang blablabla lira atau emas blabla dari mr.xxx satu2 sampe abis. baru gw turun, dannnnnnn tradisi dimulaii..
pertama gw jalan ada orang motong ayam *itu darahnya ampe muncrat di gaun gw (untung gaun sewaan) abis itu jalan lagi mau masuk rumah suruh pecahin gelas dan piring *dan gw lemes blom makan berkali2 gw buang piring ama gelasnya ga pecah -,-* abis itu di pintu rumah ngelempar adonan roti yg ditancepin taneman ke tembok. kayanya semua itu mungkin simbol biar rumah tangga awet atau giman2 kaya adat2 di indo. sama yah..
nah abis itu masuk ke rumah daann selesaiii~~ makan deh! hehe
intinya nikahan di turki banyak joget2 ehehe. jd harus kuat pagi ampe malem joget haha.
IMG-20140427-WA0065

sekian cerita nikahan di turki yg udah setaun lalu. ini latepost bgt! tapiii have fun bgt deh nikahan di turki emang beda sama di indo yg cuma 2 jam beres ehehe..
salam dr turki~

how is going in hatay (the border between 2 country)?

udah lama ga nulis dan aktif di blog lagiii, kangeen nulis2 huhu karna wifi belum ada jadi agak males buat nulis di hp huhu kasihanilah aku😥
enatah disini kota pinggiran yah bisa dibilang perbatasan turki, mungkin petugasnya agak kurang sigap dan banyak problematikanya.
kali ini cuma mau cerita eh curhat kali yaa ttg hidup di kota pinggiran. haha mungkin kebayangnya pinggiran perbatasan dsini agak terpencil? atau hah? perbatasan syiria? emang aman? dan pertanyaan lain yg bikin penasaran.
hmmm tinggal disini emang ga kaya hinar binar cantiknya istanbul di tv atau bagusnya ankara. agak jauhh dari 2 kata besar itu.
disini, hatay, banyak orang syiria, dan suasana nya agak mirip2 sama arab hehehe.
hmmm ga banyak mall, cuma ada 2 mall besar, kendaraan suka ga teratur, ada 1 taman kota yg lumayan besar dann udara agak panas disinii mungkin karna deket laut ya..
yahh beginilah hatay~ kota perbatasan syiria turki. tapi jangan salah.. pelayanan rumah sakit dr pemerintah tetep bagus tapiii kadang itu suka sering mati lampuu *tutup muka* yahh sama ya kaya indonesia hehe. oiya hatay itu kalo naik bis 10 jam dr ankara daan 20 jam kira2 dari istanbul. cukup jauh kann?
okeh segini dlu yaaahh nanti dilanjutin..

Hamil di negri turki

Ahh mau skip lagi ttg nikahan di turki dan indoo~ *ampuni ani ya allah*
Abis ini mdh2an ada niat buat ngepost..

image

Baru kemaren ke hastanesi berbayar alias rumah sakit depan rumah. Biasanya si ahmet maunya ke rumah sakit pemerintah yang gratis tisss dan entah knp skrg malah ngajak ke rumah sakit berbayar alias swasta. Biar ga ribet katanya kalo bolak balik
Daan kita pun pergi, pertama biasa daftar dulu, ngasih ikamet dan ternyata bayar 30 lira. Hehe lumayan yaa~
Abis itu kita bisa milih mau dokter kandungan cowo apa cewe. setelah itu, mendapat nomor urut dan antri di depan ruangan dokter yg dituju. ternyata nunggu di rumah sakit non pemerintah ini agak lama yaa dibanding rumah sakit pemerintah. Mungkin karna bayar jd lebih banyak yg konsultasi *sotoy*
Ternyata aku sudah hamil 6 minggu~
Yaa~ gejala mual dan muntah pun sudah muncul daaann tiba2 merasa enek dan mual kalo liat makanan turki!! Bahkan udh males makan pake roti. Hmm~ ini baby udh anti turki aja. Haha *asal idungnya jgn anti turki :p *
Entah kenapaaa dan rasanya pengen balik ke indo makan soto, bakso, mi ayam dan kawan2nya huhu T.T
Udah gitu hawa lagi panas2nyaa ya allah!
Kemaren pengen makan makanan turki namanya et böreği. Kata suami “akhirnyaa~ minta makanan turki juga. Tapi makanan itu jarang pas di bulan romadhon” .
Tapi akhirnya suami ttp nyari2 itu börek, daan hasilnya nihil T.T semua toko kue ga bikin di bulan romadon. Ampuun mau makanan turki susah makanan indo lebih susah~
Akhirnya hanya bisa meratapi gambar börek ini~

image

Inilah deritaa hamil di negri orang~
Tapii harus tetap semangatt~
Doakan aku yaa huhu T.T

Dan hasil nya …

Ahhhhhh aku skip lagi mau posting ttg nikahan di turkii
Udah 2 bulan nikahhh dan eh ternyata ada sesuatu..

image

Alhamdulillahhhh ya allahh~
Hadiah ramadhan dr allah.. semoga sehat aminn🙂
Dannn ramadhan ini di turkiyeee aaaaaaa beda bangettt
Disini 17 jam puasa doong karna pas bgt lg summer. Buka puasa jam 8 imsaknya setengah 4 pagi. Berasa cepet bgt dr buka ke sahur
Aaahhh~ mdh2an selalu diberi kesehatan.
Oiyaa menu disini kalo buka itu kayaknya wajib deh corba , sejenis soup gituu
Truss kayanya disini ramadhan sepi2 aja ya gak kaya indo. Di indo program tv rame program ramadhan disini sama ajee..
Di indo rame tukang jual kolak es buah klo mau buka disni sepi sepi ajee.. hahaha
Emang di indo the best dehh paling nyeloww santai #apadehhh
Eiyaaa pertama puasa sama suami hihi dannn ini dia menu buka puasanya~
~

image

Hahaha itu indo*** sama saos indo**** tetp yee andalan. Hahaha
Selain itu ada corba, salad, makarna dan roti pide.. hmmmm~
See ya~~~

Alhamdulillah :)

Masih suka senyum2 sendiri gak nyangka kalo udah nikah🙂
Udah jadi istrinya, padahal biasanya chatting sama skypean🙂
Gak nyangka udh di turki. Gak pernah kepikir bakal kesini apalagi nikah sama org turki🙂
Ga kepikir bakal abis lulus nikah langsung dibawa ke turki.
Semua kaya mimpi ::)
Hehe biasanya cuma skype sekarang bisa liat tiap hari dari tidur sampe tidur lagi.
Alhamdulillah ya allah🙂 çok sukur🙂

image

Shock culture ala ani :”)

Kangen nulis di blog dan wifi pun belum tiba juga huhu maklum baru pindah ke rumah baru.

image

Gak kerasa udah sebulan lebih di turki, tepatnya di kota hatay. Provinsi paling selatan turki yg berbatasan sama syiria. Daann ga ada gelin indonesia disini kayanya. Hanya ku sendirii~ *kasian kan T.T kalo ada yg di hatay hubungi aku yaaa
Udah sebulan di turki pastinyaa gak semulus jalan tol doong. Yaiya lah pasti ada shock culture. Secara nikah beda negara. Hehe
Bahasa
Nahh ini masalah krusial banget. Karenaaaa secara yah keluarga jauh, otomatis keluarga yg ada ya keluarga suami doong.
Nah, pastinya bakalan kumpul2 sama keluarga suami yg notabene org turki semua. Ada rasa pengen ikut nimbrung klo mereka ngobrol tapi apa daya tak bisa bahasanya *jedotin pala*
Atau kalau mama mertua atau siapa ngajak ngobrol panjang lebar dan ujung2nya gw hanya bisa berkata “anlamadım” alias gak ngerti. Itu pasti jderrr banget lah! Haha aduh harus giat belajar bahasa turki pokoknya~ tamam mi?🙂
Makanan
Nah, selanjutnya makanan. Klo masalah makanan gw gak begitu masalah ya. Apa aja gw telen hehe dan gak ngeyel jg harus nasi. Karna org turki otomatis jrg makan nasi makannya roti.
Material penting komposisi masakan mereka didominasi sama tomat, bawang bombay, salca (semacam saus tomat) sama garem. Pokonya apapun makanannya bahan utamanya itu. Haha
Tapiii yg kadang dateng rasa kangen jajanan ala indonesiaa~ jd harus tahan2 deh!
Kalau mau ya hrs pinter2 bikin sendiri. Sukur2 ada bahannya. Hehe
Oiyaâ orang turki suka banget banget minum teh. Pagi, sore malem ga pasti minum teh. Agak khawatir ih sama gulanya itu~
Jd siap2 bikin teh yaa~ bikin teh turki jg agak2 beda ga se praktis teh indo
bersih-bersih ala turki
Nahhh ini yg agak bikin gw “woow” hehe. Makluum baru tauu. Selama tinggal sama mertua, mertua ngajarin gmn caranya bersih2 ala turkish. Walaupun gw jg tau ya gmn bersih2 cuma emg agak2 beda yah . Hehe
Mereka itu bersih2 rumah detiilll bgt. Semua barang dilap. Sampe pintu2 juga dilap. Apapun debu harus diusiirr husss~ agak cape juga sih -_- sampe tembok kamar mandi pun dilap.
Teruss yah, cuci piring mereka pake air hangat. Mungkin karna air anget bisa ngusir kuman2 lebih oke kali yah.
yahh pokonya intinya begitu. Cuma gw gak tau apakah smua keluarga menganut paham yg sama. Hehe mungkin cm mama mer gw aja yg agak rajin~
Segini aja dulu yaa shock culture di turkinyaa kalo masalah cuaca bisalah pasti ngikutin walau agak dingin2 panas. Teruss tv program bahasa turki semua *yaiyyalahh* bahkan film barat pun didubbing smua -_-
Teruss apa yaaa. Udah dlu itu aja deh yaa~ görüşürüz~