Mengurus dokumen menikah dengan WN Turki

Aaa~ maaf karna blm dipasang wifi di rumah baru jd jarang ngeblog lg huhu
Ditambah lg ada mertua di rumah hihi otomatis lg di training bikin masakan turki dan bersih2 rumah ala org turki yg mungkin agak2 berbeda dg cara indonesia. Hehe misalnya aja cuci piring dan nyetrika.
Oh yaa kali ini cuma mau curhat aja ttg urus mengurus dokumen nikah dengan wn turki.
Gw bener2 ga banyak nanya gelin2 indo yg udah nikah. Cuma googling di blog mereka aja. Paling nanya beberapa gelin karna suami waktu itu cm seminggu di indo. Jadi agak deg2an kekejar atau engga nih semua dokumen hrs beres dlm waktu singkat.
Jadi, hal pertama yg disiapkan adalah dokumen calon pengantin wanita buat di kua. Dokumen ini berupa fotocopy kk, ktp, pas foto 4×6 dan 3×4.
Setelah itu kita bisa daftar ke kua untuk menentukan kapan dan jam berapa nikahnya. Bilang aja untuk dokumen calon suami nyusul karna baru dtg kurang dr seminggu hari H. Oiya untuk dokumen calon suami cukup siapkan scan paspor dan foto dengan ukuran yg sama dg calon istri. Sebenarnya harus ada dokumen dari kedutaan dan keterangan dr kantor polisi untuk calon suami tapi insya allah dokumen ini bisa menyusul kok pas si calon datang ke indonesia🙂
Setelah daftar di kua dan sudah dpt jadwal nikah dan calon suami sdh datang, lalu calon suami harap mengurus dokumen dr kedutaan turki.
Dokumen yg harus disiapkan suami di kedutaan cuma kimlik (ktp), paspor, sama kartu keluarganya dia kalo ga salah. Ini biar suami sendiri yg ngurus kayanya gampang cuma nunggu 10 menit dokumen dlm bahasa indo sudah jadi🙂 oiya jgn lupa bayar sekitar 75.000 rupiah di kedutaan.
Untuk dokumen dr kantor polisi diperlukan pas foto suami, fotocopy ktp istri, fotocopy paspor dan visa suami, serta surat keterangan bahwa calon istri menjamin calonnya di indonesia. Surat ini bisa sehari jadi kalo yg tanda tangan ada di tempat🙂 siapkan uang jgn lupa hehe yaa you know lah indonesia.
Setelah dokumen dr kedutaan dan polisi beres langsung serahkan ke kua. Dan insya allah smua langsung di proses dan menikah deh🙂
Setelah nikah dan dapet buku nikah ke kedutaan lg bawa foto copy buku nikah. Nanti dari kedutaan turki ngeluarin surat yg harus dikirim ke nüfus Müdürlüğü di turki🙂
Selesai deh..
Selamat menikah dengan orang turki🙂

6 thoughts on “Mengurus dokumen menikah dengan WN Turki

  1. Ribet ya ngurusnya. Ahmet ku dan keluarganya kan di USA dan rencananya klo nikah nanti mau tinggal di sana, tapi dia masih warga negara turki, cara ngurusnya sama ga ya? Kira2 klo mau cari info ke mana ya? Mohon bantuannya ya, klo tau. Makasih ani:)

  2. Hi Ms. Ani Erkaraman🙂
    Selamat atas pernikahannya. FInally you make it true, Ani. Alhamdulillah.😦
    Seneng baca blog kamu dan salam kenal yah….
    Sebelum kamu ngurusin surat nikah di kedubes Turki sama suami, kamu konfirmasi by phone aja ke kedubes Turki atau datangin kantornya langsung?
    Keluargaku pengen aku langsung ke Kedubes, soalnya mereka berjaga-jaga semua doc komplit, padahal aku udah nelpon kedubes sebenernya😀 so, aku mau tanya kamu tentang ini.
    Oh ya, semoga suatu saat bisa ketemu di Turki ^^)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s