Shock culture ala ani :”)

Kangen nulis di blog dan wifi pun belum tiba juga huhu maklum baru pindah ke rumah baru.

image

Gak kerasa udah sebulan lebih di turki, tepatnya di kota hatay. Provinsi paling selatan turki yg berbatasan sama syiria. Daann ga ada gelin indonesia disini kayanya. Hanya ku sendirii~ *kasian kan T.T kalo ada yg di hatay hubungi aku yaaa
Udah sebulan di turki pastinyaa gak semulus jalan tol doong. Yaiya lah pasti ada shock culture. Secara nikah beda negara. Hehe
Bahasa
Nahh ini masalah krusial banget. Karenaaaa secara yah keluarga jauh, otomatis keluarga yg ada ya keluarga suami doong.
Nah, pastinya bakalan kumpul2 sama keluarga suami yg notabene org turki semua. Ada rasa pengen ikut nimbrung klo mereka ngobrol tapi apa daya tak bisa bahasanya *jedotin pala*
Atau kalau mama mertua atau siapa ngajak ngobrol panjang lebar dan ujung2nya gw hanya bisa berkata “anlamadım” alias gak ngerti. Itu pasti jderrr banget lah! Haha aduh harus giat belajar bahasa turki pokoknya~ tamam mi?🙂
Makanan
Nah, selanjutnya makanan. Klo masalah makanan gw gak begitu masalah ya. Apa aja gw telen hehe dan gak ngeyel jg harus nasi. Karna org turki otomatis jrg makan nasi makannya roti.
Material penting komposisi masakan mereka didominasi sama tomat, bawang bombay, salca (semacam saus tomat) sama garem. Pokonya apapun makanannya bahan utamanya itu. Haha
Tapiii yg kadang dateng rasa kangen jajanan ala indonesiaa~ jd harus tahan2 deh!
Kalau mau ya hrs pinter2 bikin sendiri. Sukur2 ada bahannya. Hehe
Oiyaâ orang turki suka banget banget minum teh. Pagi, sore malem ga pasti minum teh. Agak khawatir ih sama gulanya itu~
Jd siap2 bikin teh yaa~ bikin teh turki jg agak2 beda ga se praktis teh indo
bersih-bersih ala turki
Nahhh ini yg agak bikin gw “woow” hehe. Makluum baru tauu. Selama tinggal sama mertua, mertua ngajarin gmn caranya bersih2 ala turkish. Walaupun gw jg tau ya gmn bersih2 cuma emg agak2 beda yah . Hehe
Mereka itu bersih2 rumah detiilll bgt. Semua barang dilap. Sampe pintu2 juga dilap. Apapun debu harus diusiirr husss~ agak cape juga sih -_- sampe tembok kamar mandi pun dilap.
Teruss yah, cuci piring mereka pake air hangat. Mungkin karna air anget bisa ngusir kuman2 lebih oke kali yah.
yahh pokonya intinya begitu. Cuma gw gak tau apakah smua keluarga menganut paham yg sama. Hehe mungkin cm mama mer gw aja yg agak rajin~
Segini aja dulu yaa shock culture di turkinyaa kalo masalah cuaca bisalah pasti ngikutin walau agak dingin2 panas. Teruss tv program bahasa turki semua *yaiyyalahh* bahkan film barat pun didubbing smua -_-
Teruss apa yaaa. Udah dlu itu aja deh yaa~ görüşürüz~

5 thoughts on “Shock culture ala ani :”)

  1. Waah, di Hatay ya? Itu kampung halaman si doi.. Inshaa Allah kalau jadi nikah dengannya, aku tinggal di situ😀

  2. Sepertinya kita gak bakalan jadi tetanggaan😥
    Saya telah menjalin hubungan sekitar 1 tahun lebih dengan si doi. Sejak menjalin hubungan, kami belum pernah ketemu satu sama lain tapi kami sangat yakin kalau kami itu cocok. Kami selalu membahas mengenai masa depan dan rencananya menikah 2.5 thun lagi. Dan juga kami hanya berkomunikasi kalau ada sesuatu yang penting.
    Lalu, pas lebaran kemarin ngasih tau ke ortu masing2. Ortunya nolak aku karena alasan takutnya saya gak bakalan respek kepada mereka trus takut anaknya gak saya izinin tinggal di negaranya lagi. Sampai2 ibunya menangis dan kakaknya mengatakan aku “shaithan” (astaghfirullah). Dia memutuskan hubungan via telpon dan pada saat momen itu juga. Latar belakang keluarganya adalah dari kalangan Islam taat dan bercadar.
    Sedangkan kalau saya, hanya dibicarakan sama mama. Mama masih khawatir kalau saya nanti dicampakkan di luar sana. Tapi mama masih menyarankan untuk dijadikan sahabat saja. Kalau dengn papa, sya mau bicara kalau dia kemari. Latar belakang keluargaku boleh dibilang Islam yang “medium”.
    Boleh dibilang kedua ortu kami hanya mengandalkan firasat saja mengenai hubungan ini, karena mereka belum ketemu dengan kami secara personal. Sejak hari itu juga kami memutuskan komunikasi sama sekali. Saya hanya menerima ucapan maafnya tapi saya belum bisa memaafkan karena masih shock dan juga kecewa.
    Menurut mbak, apakah langkah yang kami ambil udah tepat atau terkesan “terlalu patuh” kepada orang tua.
    Terima kasih atas jawabannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s