tradisi nge-teh di turki

seperti yg udah gw singgung sebeljmnya kalo turki itu konsumsi teh terbanyak di dunia berdasarkan data ala ala haha😀
nahh ini yg agak bikin gw kaget juga pas baru dtg ke turki. kenapa mereka selalu HARUS minum teh pagi dan malem?
nah usut punya usut itu katanya udh budaya dr jaman ottoman *ini kata suami gw yg sok tau tp kayanya bener* jd udh mendarah daging bgt ngecay (ngeteh)
setiap pagi sarapan harus bikin teh, nah malem abis magrib bikin teh lg. nah, gak tanggung2 minumnya nambah lagi nambah lagi gak cukup segelas *berasa minum soju di korea ehehehe :D* yaa gelasnya khas sih kecil gitu. kayanya gelasnya udh icon turki bgt

image

ini yg gw agak khawatir diabetes, blm kalo bertamu ke rumah orang ngeteh, kalo makan di resto2 ngeteh, di kafe nongkrong pun minumnya teh panas atau engga ya kopi.
gw kadang kalo lg males ngebikin teh suka ngehasut suami gw supaya ga minum teh sehariii aja, tp selalu gagal katanya dia ga bisa, duhhh.. dia bilang “teh itu bensinnya orang turki” -,-
nah bikin tehnya juga ga simple tinggal seduh di gelas make dispenser kaya di indonesia tapiii make çay danlık (teko teh) yg spesial ala turki 2 tingkat *kaya bis*
jadi di atas itu kita taro bubuk twhnya dan air dan di teko bawah itu air putih nya. nah, kalo mau nuang ke gelas bisa diatur mau pekat ya banyakin air teh bagian atasnya. ini dia contoh teko tehnyaa..

image

hohh apalagi klo di rumah mertua banyak orang itu cay danlık harus ukuran gede dan nuangnya ampe bikin tangan gemeter hahaha😀 itu gw gakuat nuang teko gede penuh isi teh . blom satu orang minta refill mulu😀
kalo rasa teh turki kaya apa? sama aja kaya teh indo gw bilang mah cm teh indo kata gw lebih enak ada harum harum melatinya ehehe
soo , ayo ngeteh ke turkiii~~ *kejauhan ye ngeteh aja di turki :P*

2 thoughts on “tradisi nge-teh di turki

  1. Oh Teh Ani,, eh ini bukan teh yang diminum itu yah ini panggilan orang sunda😀 Teteh aku sempet duluuuuuuuuuuuuuuuuuu banget baca baca postingan teteh pas waktu ketemu pertama kali, pokoknya pas sebelum menikah deh,, aku seneng banget duhh liat teteh sekarang udah bisa ngeteh bareng sama suami.. naaaa aku ngeteh barengnya masih di skype😦 eh malah curhat😀 teteh dikota mana tinggalnya ? Istanbul kah ? atau antalya kah ?
    duh aku jadi turut seneng + agak kaget juga pas buka blog teteh ternyata udah nikah😀 aku udah 3 tahun masih di antepin aja teh sama Orang Istanbul😀 Semoga sehat selalu dan terus bahagia ya teh,,,

    Salam kenal teteh.😉

Leave a Reply

