Nikah ala Turki

akhirnyaa~~ aku kembaliiii!! setelah berjuang lupa password hehe duh ini blog udah debuan kayanya udah lamaa bgt ga update..
nah karenaternyata banyak menginspirasi para distancer khususnya yg punya hubungan sama cowo turki ihiiiyy gw kembali lg dengan ccerita2 hidup di negri orang huhuhu. Bahkan ini hari 17an agustus gw hanya di depan leptop T.T..
nah.. kali ini mau ceritain ttg gimana kmaren gw nikah di turki, ini sebenernya janji gw udh lama bgt mau cerita, dari tahun kemaren blm kesampean buat cerita.. akhirnya ini gw persembahan edisi spesial nikah ala turki..here we go!

Jadi, keluarga di turki menggelar acara pernikahan kita itu selama 3 hari berturut-turut. ini sih gak semua keluarga turki 3 hari ada juga yg 2 hari atau sehari. nah mungkin tergantung daerah di turki jg, beda daerah beda pula adatnya.. sama aja kaya di indonesia macem-macem adat. Nah kalo suami gw kebetulan asalnya dari corum. turki tengah atau middle anatolia. pernikahan kita di gelar di rumahnya suami, tapi banyak juga jaman sekarang yg nikah di dugun salonu atau gedung *macem di indo* tapi karna rumah keluarga suami luas halamannya dan mengirit biaya so di rumah deh hehe..

Hari ke-1 (Jum’at, 25 April 2014)
hari pertama ini gw make baju long dress biasa. acara dimulai dari abis shalat jumat sampe malem banget tengah malem *catet* ngapain aja? ya joget-joget sampe pegel hahahaha😀 dari awal duduk di meja foto2 terus langsung musik berputar dannn yap joget2 dimulai entah berkelompok atau sendiri-sendiri. salut deh sama orang turki ga pegel sampe malem.
tamu-tamu terus berdatengan duduk nonton atau joget itu pilihan hehe. oiya ada juga makan-makannya tapi awal awal sebelum joget biar ga laper hahaha😀 *duh ya allah gw bukan mau ketawain yaa hehe* makananannya lupa yg jelas ada nasi, corba (soup) dan roti😀
sampai jam 11 malem baru selesai. mana gw blom bisa bahasa turki cm senyum2 aja sama tamu hehe. oiya hari jumat ini juga si pengantin cowo alias suami gw di-kina-in (kina=hyena). maksudnya?? huaa gmn ceritainnya yaa?? jadi penganin cowo duduk dikelilingin orang-orang. pas duduk tanggannya dikasih kina sama emas *kuranglebih seperti itu*
IMG_20140427_223711

Hari ke-2 (Sabtu, 26 April 2014)
nahhh hari kedua ini puncak banyak banyaknya tamu. soalnya full dari pagi sampe tengah malem jogetnya ehehe. dari pagi gw udh disuruh siap-siap di make up sama pake baju model gaun gitu cuma bukan putih tp krem. ehehe, jujur gw juga suka baju ini kalo nama turkinya abiye. pokoknya sama kaya hari sebelumnya acara makan-makan di awal sama joget-joget sampai akhir malam. oiyaa..disini emng minim makanan kondangan turki mah, gak kaya di indo makanan melimpah hahaha.. tapiii kalo di turki teh melimpah, jadi bisa minta teh kapan aja berapa aja. as you know yah turki negara yg paling byk konsumsi teh *berdasarkan data ala ala😀 *
nah kalo kemaren itu pengantin cowonya yg di-kinain sekarang pengantin cewenya alias gw!! abis dikina-in trus kita dansa deh~
banyak tamu yg nyuruh gw joget, tapi karena gw ga ngerti joget turki2an jd ya cm senyum aja bilang engga2 haha dan lagi baju segede itu susah buat joget. ekekeke~
IMG-20140427-WA0050

Hari ke-3 (Minggu, 27 April 2014)
nahh, ini hari terakhir.. cuma setengah hari alias dari pagi sampe jam 1an siang doang. pake bajunya gaun putih kaya as usual wedding dress. nahhh kalo kata gw hari minggu ini yg agak unik dan paling gw suka, sayang cuma sebentar yaaa..jadi hari terakhir ga ada sesi joget-joget kaya 2 hari sebelumnya *pantes gw demen* bukan karna ga ada joget2 juga sih, menurut gw uniknya semacam kaya adatnya itu di hari ketiga ini.
dimulai dari pagi gw ke salon dirias abis itu langsung dibawa ke tempat sodara nya ahmet. nah, abis itu si ahmet jemput naik mobil sambil bawa rombongan ke rumah yg gw singgahi.
pas nyampe nyamperin gw, ibunya ahmet ngiket tali merah di pinggang gw (tanda kalo perawan) hahaha terus akhirnya diajak masuk mobil sambil keliling kampung sambil nyawer duit. dan lucunya abang-abang tukang terompet dan gendangnya juga ikutan di mobil belakang sambil main jd tetep berisik ahahaha. nah sukanya itu anak kecil pd jegat mobil kita minta duit. lucu yaa~ sambil muter-muter tiba2 singgah di pom bensin, rombongan pada turun dr mobil dan mereka berjoget sebentar *bener2 harus joget* sekitar 30menitan dan akhirnya kembali menuju rumah ahmet.
sampe di rumah gw ga turun dr mobil, nah seorang pria menebar duit dan koin2 emas di atas kain yg ditaro di atas kap mobil sambil nyebutin ini uang blablabla lira atau emas blabla dari mr.xxx satu2 sampe abis. baru gw turun, dannnnnnn tradisi dimulaii..
pertama gw jalan ada orang motong ayam *itu darahnya ampe muncrat di gaun gw (untung gaun sewaan) abis itu jalan lagi mau masuk rumah suruh pecahin gelas dan piring *dan gw lemes blom makan berkali2 gw buang piring ama gelasnya ga pecah -,-* abis itu di pintu rumah ngelempar adonan roti yg ditancepin taneman ke tembok. kayanya semua itu mungkin simbol biar rumah tangga awet atau giman2 kaya adat2 di indo. sama yah..
nah abis itu masuk ke rumah daann selesaiii~~ makan deh! hehe
intinya nikahan di turki banyak joget2 ehehe. jd harus kuat pagi ampe malem joget haha.
IMG-20140427-WA0065

sekian cerita nikahan di turki yg udah setaun lalu. ini latepost bgt! tapiii have fun bgt deh nikahan di turki emang beda sama di indo yg cuma 2 jam beres ehehe..
salam dr turki~

One thought on “Nikah ala Turki

  1. ko barengan gini ngepost soal kawinan kite ni wkwkwkwkkk..
    padahal kawınannya udah zaman kapan :p

    anjayyy..beda banget ama kawınan gue dısını..
    lo masıh dı Köy sih..jadi masih adat banget..
    jadi ngerasain banget pgimana kawınan adat Turki..
    gue udah gaya agak kotaan dıkıt..düzce itu köy tapi semi köy..
    jadi kawinannya gak sampe tiga hari kayak lo..
    dan gue gak ada malem henna..cuma düğün doang😀
    5 jam selesai :p

    beda daerah beda cerita😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s