ddeokpokki ala “Chef” Ani

Di korea, ada makanan yang suka dijual di pinggie jalan (kalo suka nonton drama korea pasti udah tau) . itu semacem makaroni dikasi saos pedes gtu,bisa diliat, ini adalah pasangan korea yang jajan ddoekpoki di pinggir jalan *envy me* [loh? ko malah pasangan korea?]

nah , udah lama banget sii sebenernya gue bikin nih makanan. Awalnya, seorang teman SMP gue yang juga tetangga gue bernama Kutut bilang ke gue klo dia bisa bikin ddeokpokki . gue kaget dan minta ajarin cara bikinnya. Ternyata dia beli dulu saosnya di supermarke korea di daerah Jakarta Selatan. Kata dia, bilang aja ke Ajummanya “Saus chunjang”

Okeh, bertempat di Kostan gue yg indah ini “Wisma Intan” kita memulai membuatnya, pertama siapkan bahannya , yaitu :

– Tepung beras secukupnya, lebih banyak lebih baik

– Sagu secukupnya

– Saus Chunjang

– Air panas

-bawang bombay

– cabe rawit

-gula

-garam

-mangkok

-panci

-sendok

-garpu, sumpit , meja, tutup panci, kompor, minyak, gelas, air minum  (klo kepedesan)[apadah?makin geje]

hahhha, jangan aneh kalo takarannya ajlut ajlutan, namanya juga amatiran. oke, next step is mulai membuat ddeoknya alias makaroninya itu..ini dibutuhkan keterampilan mengira-ngira yang tinggi.

campurkan tepung beras dan sagu, gue entah bagaimana jadinya ngasal aja dah seberapa banyaknya. nah, setelah itu tambahin air panas ke adonan tersebut, dikit aja sampe adonannya bisa dibentuk. kalo kira-kira udah bisa dibentuk, bentuklah seperti gulungan tissue yang panjang.

lalu, potonglah itu gulungan adonan kecil-kecil segede makaroni umumnya. lau kukuslah itu adonan , [klo mengalamikelengketan , itu biasa, karena gue juga spt itu *babo*]

nah, karena sumber daya yang terbatas [gak ada kukusan] akhirnya, gue memutuskan untuk merebusnya !

akhirnya jadi juga deh ddeoknya~ sekarang bikin saosnya…

Untuk saosnya, masukin sedikit air dan saos chunjang ke panci [di atas kompor ya pancinya. ueehhe] lalu masukan bawang bombay yang udah di iris sesukanya, sama cabe rawit yang tentunya udah dipotong2 [kalo blom dipotong makan gorengan doong?]. dan terakhir masukin gula dan garam secukupnya sambil di icip-icip udah pas belon.

Last step, masukin deh ke panci ddeoknya!! aduk sampe merata, klo kira-kira udah jadi, angkat —> tiriskan.

ddeokpokki siap untuk dimakan! yummy~ masshita~

tapi ddeokpokki yang gue bikin rada kurang mateng dalemnya, wakkakka. maklum namany juga takarannya insting otak yang mantap. hahhhaha

ini deh jadinya..

kalo kata oppa korea,  “ini terlihat seperti aslinya”

wakakkakka, gambar menipu, kaga deng, tapi emang beneran enak ko [asal takaran tepat. hahha]

kalo yang aslinya tuh kaya gini

yaaa,, beti lah, ini yang atas cuma bagus kamera dan penataan aja. kkkkk~

Selamat mencoba~

2 thoughts on “ddeokpokki ala “Chef” Ani

  1. Bujug dah,,,
    lw malem2 bikin gw ngakak kayak kuntilanak,,
    hahaha,,,
    biar udah lama tetep aja gw geli klo inget2 lg pas bikin ddok di kosan lw,, untung kita kagak sakit perut makan deok setengah mateng..😄
    AH~ jdi pengen bikin cilok korea lagi,,

  2. najong..koki macam apa itu masa ga tw msakan’a blm mateng!ahahaha..😀

    sumpah,,ngakak ga brenti” ngebayangin lo gi msak itu dikos-an lo..
    (untung ga pas gi diasrama,,hahaha..)

    kabar tmn” lo yg mkan itu gmn?keamanan & sanitasi pangan’a gmn tuh?
    *mklum ikut kuliah itu..hehe

Leave a Reply

